Faktor Resiko Penyakit Disentri

Resiko Penyakit DisentriDisentri merupakan suatu kondisi masalah radang pada usus yang menyebabkan diare yang disertai dengan darah atau lendir. Kondisi ini biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 7 hari namun bagaimana saja resiko penyakit disentri? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Disentri merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja namun sangat rentang terjadi pada anak-anak yang berusia 2 sampai 4 tahun, hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang belum kuat terhadap infeksi atau bakteri yang menyerang tubuh.

Penyakit ini merupakan penyakit yang perlu penanganan dan pengobatan disentri yang tepat sebab kondisi ini dapat berakibat buruk apalagi jika terjadi pada anak-anak dan lansia. Gejala yang biasanya terjadi pada disentri yaitu demam, mual, muntah, diare, dan perut kembung.

Faktor resiko disentri.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan disentri yang perlu anda ketahui yaitu :

  • Tinggal dengan sanitasi yang buruk.
    Orang yang tinggal di tempat atau lingkungan dengan sanitasi yang buruk memungkinkan lebih mudah masuk terkena infeksi bakteri atau amoeba yang menjadi penyebab disentri. Tidak hanya itu, sanitasi yang buruk juga dapat mendatangkan berbagai penyakit lainnya yang dapat mengganggu kesehatan.
  • Makanan dan air yang mudah terkontaminasi oleh kotoran.
    Makanan yang sudah terkontaminasi oleh kotoran dapat menyebabkan makanan yang anda makan untuk mudah tercemar bakteri, virus, atau parasit akibatnya anda akan mengalami keracunan makanan yang ditandai dengan mual, muntah, diare serta disentri.
  • Tinggal ditempat padat penduduk.
    Tinggal di tempat yang mempunyai banyak penduduk dapat memungkinkan bakteri atau virus untuk mudah masuk dan menyebar dari seseorang keorang lain. Wabah shigella lebih umum terjadi di pusat penitipan anak, kolam rendam umum, panti jompo, penjara, dan barak militer.
  • Lingkungan dengan pembuangan limbah.
    Apabila seseorang mengkonsumsi air yang tercemar oleh bakteri atau parasit akan lebih beresiko terkena berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan dan bahkan gejala diare yang parah pada disentri dapat berujung pada kematian.
  • Laki-laki gay yang aktif secara seksual
    Bakteri shigella dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan feses yang terinfeksi atau tak sengaja menelannya saat terlibat dalam seks anal rimming. Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria memiliki risiko tertinggi untuk mendapatkan infeksi shigella.

Jika anda sudah memiliki tanda atau gejala sebaiknya untuk mencegah terjadinya dehidrasi berikan banyak cairan dan perbanyak istirahat. Demikian penjelasan tentang resiko penyakit disentri semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s